Kamis, 28 Oktober 2010

Bencana Di Dalam Negeri Anggota Dewan Study Banding Ke Italia

Beberapa hari ini DPR mendapat sorotan tajam tentang sikap mereka yang senang plesiran keluar negeri. dengan judul study banding mereka pergi keluar negeri dengan alih-alih tugas negara. Miliaran yang dihabiskan untuk menanggung kepergian para anggota dewan keluar negeri. Koalisi Masyarakat Sipil memperkirakan dana studi banding DPR RI mencapai Rp162,94 miliar pada 2010 yang meningkat tajam dari tahun 2005 yang hanya sebesar 23,55 miliar saja.

Rakyat tentu sudah merasa bosan dengan sikap yang ditunjukan para elit negeri ini. memang study banding itu adalah salah satu instrumen dalam membuat kebijakan. "instrumen yang kita pakai lebih banyak dengan study banding, bukan hanya pendekatan riset" tutur Wakil ketua DPR Anis Matta. namun bagi rakyat yang terpenting adalah dampak dari hasil kunjungan kerja itu, dan bagaimana transparansi secara anggaran dan hasil nya itu tidak sampai di masyarakat. terutama lagi dampak dari hasilnya itu yang tidak sama sekali dirasakan

Kini ditengah kecaman itu dan disaat bangsa ini sedang berduka anggota komisi V DPR RI berangkat ke italia untuk study banding mengenai RUU Rumah Susun, yang jelas ini pun dipertanyakan ke efektifitasannya memilih tempat ke italia untuk RUU rumah susun. Namun yang lebih harus kita cermati adalah ditengah kedukaan negeri ini dengan bencana yang melanda mereka secara diam-diam berangkat ke Italia pada 26 oktober lalu.

Apakah sudah tidak ada rasa empati itu, yang seandaainya anggaran itu dapat digunakan untuk tanggap bencana. kalau Presiden saja bisa mengagalkan kunjungan kerja mengapa anggota dewan tidak mau melakukannya untuk kepentingan rakyat. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar